Thursday, March 29, 2007

Four Different Minds...

Suatu sore di tahun 2005 pada waktu liburan semester 4, saya berniat untuk menjalin kembali persahabatan saya yang sempat putus dengan teman SMA. Kebetulan Indra yang kuliah di jurusan Sipil UGM sedang ada di Jakarta selama beberapa hari. Itu juga tahunya dari Gogon, anak Biokimia IPB. Gw pikir gw ga akan ketemu ma si Indra lagi, tapi ternyata ga. Alhasil kita janjian ngopi bareng di Citos jam 12 after lunch. Karena daerah Cilandak deket banget ma rumah Sahid, jadinya dengan dadakan, gw langsung nelpon dia buat join. Ga nyangka juga, dia langsung say yes. Setelah ngumpul, pertama-pertamanya Cuma ngomong masa2 sekolah dulu, saling ngejek-ngejekkan, nyindir-nyindir, ampe buka aib...hahaha...

Obrolan lanjut ke masalah kuliah, satu hal yang sekarang udah kita jalanin 2 tahun secara masing-masing tanpa terasa waktu. Awalnya si Gogon yang banyak cerita kalo dia itu sering banget praktikum ampe mabok dan kudu bikin tugas pendahuluan dan setelah itu buat laporannya. Piuh...gw bersyukur juga sih udah ga urusan ma yang kayak gitu...udah lewat di kuliah kimia dan fisika pas jamannya TPB. Dan ternyata ada empat hewan yang sering dijadikan kelinci percobaan di lab para ilmuwan. Karena dia belajar tentang biologi dan kaitannya dengan kimia, banyak yang lari ke industri makanan dan kosmetik. Produk-produk tersebut sebelum diujikan pada manusia, sebelumnya dites dulu sama salah satu binatang itu, tergantung sifat bahan apa yang diujikan. Binatangnya yaitu babi, tikus, monyet, dan kodok. Babi karena struktur organ pencernaannya mirip dengan manusia, tikus karena susunan kulitnya paling mirip manusia, dan yang dua lagi gw lupa...

Abis itu giliran Sahid yang kuliah di Hukum UI buat cerita tentang jurusannya. Sebenernya gw ga asing ma hukum karena kakak gw juga sarjana hukum. Tapi apa yang gw dapet dari Sahid sama sekali ga pernah dikasih tau ma kakak gw sebelumnya. Dia cerita bahwa kontribusi kita yang paling kecil sebagai warga negara yang baik harus menaati peraturan lalu lintas, misalnya. Berapa sering kita selalu terlintas untuk menyogok polisi di jalanan yang nilang kita. Malu juga sih gw, karena gw pernah nyuap polisi 3 kali karena nerobos lampu merah, temen gw yang boncengan ga pake helm, dan ngelawan arus buat muter. Semuanya di daerah lampu merah Simpang Dago, Bandung. Padahal gw sebelumnya belom pernah ditilang. Terus katanya lebih baik kita terima aja surat tilangnya dan nyelesain di pengadilan, kalaupun didenda, uang kita akan masuk ke kantong negara yang lebih terjamin untuk dipergunakan dengan bener ketimbang masuk ke kantong pak polisi di jalan. Terakhir pas gw ketilang di jalan sudirman deket Blok M, gw berusaha buat ngikutin saran Sahid, ga akan nyuap si pak polisi, walaupun pas gw tanya apakah bisa diselesaikan di situ, pak pol masang tarif goban. Wah, sedeng sih untuk skala sogokan mobil,,hehehe,,karena emang pelanggarannya ga berat kok. Jadinya gw mutusin buat nerima surat tilang itu, ada perasaan lega juga karena gw telah melakukan hal yang benar dengan tidak melecehkan profesi polisi tsb yang meskipun dirinya sendiri minta untuk dilecehkan. Trus dia juga cerita bahwa ada sebuah RUU yang sedang digodok di DPR perihal kewenangan suatu perusahaan yang bisa punya hak milik terhadap lahan milik rakyat yang statusnya disita pengadilan dengan membayar sejumlah biaya,dll, kalo ga salah pasal 35 tahun 2005 gitu?ga tahu jg, lupa.

Trus giliran Indra yang cerita tentang ilmu teknik sipil. Mulai dari ngebahas suatu pondasi rumah, jembatan, terowongan, sampe masalah metode sosro bahu dan ceker ayam dalam kontruksi jalan layang. Sosro bahu artinya pembangunan mulai dari tiang-tiang pancangnya yang kemudian coran jalan akan ditaruh di atasnya buat nyambungin antar pancang tsb. Dan ceker ayam dimana untuk lebih kokoh, suatu bangunan kudu punya pondasi yang meluas ke banyak arah agar tidak roboh. Kalo tahan gempa pake peredam getaran,dll. Dan bentuk aplikasinya di lapangan.

Pas liat jam udah ga terasa aja jam 5 sore, padahal kita cuma mesen segelas kopi tiap orang. Langsung terlintas di pikiran gw, alhamdulillah gw punya temen yang mengerti bidang lain yang gw belum ketahui. Bahwa di meja tersebut duduk empat orang mahasiswa yang berasal dari empat PTN yang favorit di negeri ini. Sahid dari Hukum UI, Indra dari Sipil UGM, Wisnu dari Biokimia IPB, dan gw sendiri dari Planologi ITB. Bahwa sepertinya ada yang mengatur semua itu...Allah...Subhanallah...Dari situ gw tersadar bahwa sangat penting untuk punya banyak teman. Karena pada akhirnya cuma temen yang bisa ngehargai kita dan nerima kita apa adanya setelah keluarga.

No comments: